KPA.BALIPROV.GO.ID. “Untuk mewujudkan dan memaksimalkan pelaksanaan program Desa Peduli AIDS di Tabanan, Kami saat ini turun ke Desa Angseri, mengawali kegiatan dengan melakukan sosialisasi HIV -AIDS kepada para Calon Kader maupun Kader Desa Peduli AIDS (KDPA) di Desa ini, ” kata Kepala Sekretariat KPA Provinsi Bali, AA Ngr Patria Nugraha, S. Sos, M.AP, saat mengisi acara Sosialisasi HIV -AIDS kepada KDPA, yang disiapkan Perbekel Desa Angseri, Jumat, 28 April 2023.

Lebih lanjut, AA Ngr. Patria Nugraha didampingi Pengelola Program KDPA I Gst Agung Putu Jiwa Tengah dan Staf KPA Provinsi Bali, Ni Made Yuliati menyampaikan, kegiatan sosialisasi ini bertujuan menyiapkan para kader yang nantinya diterjunkan ke lapangan memantau serta melaksanakan tugas memberikan pencerahan kepada krama Desa Angseri terkait HIV dan AIDS.

“Saya berharap, semua kader yang hadir hari ini, bisa menerima materi serta pokok bahasan yang disampaikan Sekretaris KPA Kabupaten Tabanan dan dari kami, untuk bekal turun ke lapangan nantinya,”tegas AA Ngr Patria Nugraha yang akrab dipanggil Gung Patria.

Gung Patria juga memaparkan tentang situasi HIV-AIDS di Bali saat ini, serta memperkenalkan tokoh masyarakat Desa Angseri, I Gede Dedy Pratama, yang peduli dengan penanggulangan HIV – AIDS di desa.

Sementara itu I Gede Dedi Pratama mengatakan dukungannya, terkait kegiatan sosialisasi Desa Peduli AIDS, di wilayah Desanya.

“Saya sangat mendukung program KDPA dan akan terus mengawal supaya ada penganggaran khusus untuk KDPA dari dana desa, mengingat umumnya orang Bali kalau sakit pasti pulang ke desanya. Jangan lagi ada stigma dan diskriminasi pada Orang dengan HIV (ODHIV), jangan lagi ada cerita bahwa jenasah ODHIV tidak berani disentuh oleh keluarga dan banjarnya,” ujarnya.

Di sisi lain, Perbekel Desa Angseri, I Nyoman Warnata menyampaikan, jumlah peserta sosialisasi sebanyak 35 orang yang berasal dari warga dan Kader Posyandu di wilayah Desa Angseri.

Perbekel Angseri ini, juga mengucapkan terima kasih atas terlaksananya sosialisasi pengembangan Desa Peduli AIDS di Desa Angseri

“Saya berharap dengan adanya sosialisasi ini agar Angseri penduduknya semakin bertambah pengetahuannya tentang pencegahan HIV – AIDS, tetap sehat dan tidak ada stigma diskriminasi kepada pengidap HIV, ” Tuturnya.***TIM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *