KPA.BALIPROV.GO.ID. Untuk mengantisipasi semakin meningkatnya kasus malaria, TB dan HIV-AIDS di Kabupaten Gianyar, Asosiasi Dinas Kesehatan (ADINKES), Rabu 28 September 2022 di Yayasan Bumi Sehat Bali, Jln Nyuh Bulan Banjar Nyuh Kuning Mas Ubud Gianyar.

Acara tersebut dibuka Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar I Putu Awan Saputra, dengan menghadirkan 2 orang narasumber, yaitu Ayu Cempaka Raniputri dan Dewa Gede Ag. Purnawa dari Dinas PMD Gianyar.

Ayu Cempaka memaparkan bahwa ada 994 klien yang melakukan terapi ARV. “Apabila dilihat dari kasus HIV di Gianyar cukup tinggi.Oleh sebab itu, Kami minta kepada pihak Dinas Tenaga Kerja, Bappeda Gianyar serta stakeholder terkait ikut membantu menemukan kasus sekaligus ikut mencairkan fenomena gunung es di Kabupaten Gianyar,”katanya.

Sejalan pemaparan tersebut, Dewa Gede Ag. Purnawa menambahkan bahwa PMD sudah berupaya melakukan berbagai strategi khusus diantaranya mengoptimalkan peran kelembagaan yang ada di Desa untuk melakukan aktivitas tersebut.

“Kita sudah terus menerus mengkoordinasikan implementasi penyelarasan program atau kegiatan yang masuk ke Desa,” katanya.

Di sisi lain, Yuije Martina Pau dari Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar menegaskan akan terus mengusahakan untuk mengajak perusahaan yang ada di Gianyar untuk bermitra dan akan menggandeng K3 untuk mengadakan sosialisasi.

Sedangkan Pengelola Program AIDS di Tempat Kerja KPA Provinsi Bali Ni Nyoman Suardani mengungkapkan dukungannya terkait langkah yang diambil Dinas Tenaga Kerja dan stakeholder untuk melaksanakan sosialisasi HIV-AIDS ke lapangan.

” Kami dari KPA Provinsi Bali siap mendukung program yang akan dilaksanakan instansi dan stakeholder di Gianyar,” katanya. * TIM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *