KPA.BALIPROV.GO.ID. Menindaklanjuti pencanangan Program Desa Peduli AIDS di Kelurahan Ubud,  Rabu, 13 April 2022, Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Bali melaksanakan kunjungan. Kunjungan KPA tersebut dipimpin  langsung Kepala Sekretariat KPA Provinsi Bali,  AA Ngurah Patria Nugraha, S.Sos, M.AP dan diikuti Pengelola Program Monitor dan Evaluasi, Dian Febriana, SKM, Pengelola Program PMTS  Drs Yahya Anshori, M.Si, Pengelola Program KDPA, I GAP Jiwa Tengah serta Staf KPA Provinsi Bali, Ni Made Yuliati, SE.

Di Kelurahan Ubud, Kepala Sekretariat  KPA Provinsi  Bali AA Ngr Patria Nugraha, S.Sos, M.AP yang akrab dipanggil Gung Patria beserta rombongan diterima langsung Lurah Ubud  I Gusti Ngurah Nyoman Suastika, ST di ruang kerjanya. Dalam acara tersebut Gung Patria menjelaskan kedatangannya terkait rencana pencanangan Kelurahan Ubud sebagai Desa Peduli AIDS.

“Kunjungan Kami dari KPA Provinsi Bali adalah menindaklanjuti  dan  mengembangkan  program KDPA, dengan mengupayakan penguatan dengan kebijakan dari Pemerintah Provinsi Bali yang telah menerbitkan Instruksi Gubernur Bali yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah tentang KDPA bernomor 443/252/XII/KPA/2019. Amanat  Instruksi Gubernur Bali tersebut adalah agar para kader tersebut dilembagakan melekat pada perangkat desa.  Rencana pencanangan Kelurahan Ubud sebagai  Desa Peduli AIDS merupakan salah satu kecamatan di Bali yang terkenal di kalangan wisatawan mancanegara maupun lokal, dikarenakan kegiatan pariwisata dan disamping itu tersedianya layanan kesehatan terkait HIV- AIDS yang bisa diakses  ” ujar Gung Patria.

Mendengar hal tersebut , Lurah Ubud menyambut baik tim KPAP Bali dan mendukung pencanangan Program Desa Peduli AIDS tersebut. “Sebagaimana diketahui bersama Kelurahan Ubud, memiliki 13 banjar/lingkungan dengan 6 desa pakraman/adat. Luas Kelurahan Ubud cuma 779.92 hektar atau 7,8 km2 yang dihuni 12.145 jiwa dengan tingkat kepadatan penduduk sebesar 1.557 jiwa/km2. Kami siap mendukung kegiatan tersebut dengan situasi dan keterbatasan yang ada,” katanya.

Lurah Ubud juga menjelaskan  keunggulan Kelurahan Ubud. ” Keunggulan Kelurahan Ubud adalah pariwisata budaya, seni, dan kerajinan tangan dengan kunjungan wisatawan pada tahun 2020 sebanyak 289.448 orang,”katanya.***Tim

[WPPV-TOTAL-VIEWS]  x di lihat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *